INI DIA FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG BUAH KIWI

September 09, 2017
Ini Dia Fakta Mengejutkan Tentang Buah Kiwi - Si Buah Kiwi : Buah kiwi. Buah berukuran kecil, bulat oval yang dagingnya berwarna hijau muda ini masih belum begitu populer dibanding buah lainnya di Indonesia. Apalagi harganya yang cenderung lebih mahal dibanding buah lainnya membuat masyarakat memilih membeli buah lain ketimbang kiwi.

Tapi meskipun tak sepopuler anggur ataupun apel, faktanya nutrisi yang terkandung dalam buah kiwi tak kalah dibanding buah populer lainnya. Dalam beberapa hal bahkan buah kiwi memiliki keunggulan.

kiwi fruit
Buah kiwi


Lalu, apa saja sih fakta seputar buah kiwi yang belum banyak diketahui orang Indonesia?! Beberapa di antaranya kami rangkum dalam artikel ini. Yeaaiii,,, ini dia fakta mengejutkan tentang buah kiwi :

- Berasal dari Cina. Karena namanya seperti nama burung yang tidak bisa terbang khas Selandia Baru : Burung Kiwi, banyak yang mengira buah kiwi berasal dari Selandia Baru, padahal fakta sebenarnya buah kiwi justru berasal dari Cina. Awalnya buah kiwi bernama Chinese Gooseberry. Tahun 1904 seorang guru besar bernama Isabel Fraser membawa buah kiwi ke Selandia Baru. Tak disangka, iklim dan tanah di Selandia Baru sangat mendukut buah ini tumbuh dengan subur. Sejak itu hingga saat ini para petani di Selandia Baru menanam kiwi dan memasarkannya ke pasar dunia.

- Selandia Baru penghasil kiwi dengan kualitas baik. Meski berasal dari Cina, saat ini Selandia Baru dikenal sebagai penghasil buah kiwi dengan kualitas tinggi karena didukung dengan iklim dan tanah yang subur.


- Selama ini kita mengenal jeruk sebagai penghasil vitamin C. Namun ternyata buah kiwi juga mengandung Vitamin C. Jumlahnya bahkan dua kali lipat dibanding jeruk. Artinya makan buah kiwi sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.

- Sumber serat alami untuk kesehatan sistem pencernaan. Jadi jika Anda memiliki masalah pencernaan, segeralah konsumsi buah kiwi.

- Sumber alami Vitamin E rendah lemak, yang dapat menjaga kesehatan jantung dan kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan Vitamin E pada kiwi bahkan lima kali lebih besar dibandingkan dengan buah apel.

- Mengandung antioksidan tinggi yang mudah diserap tubuh (Vitamin C & E, polyphenol, carotenoid, dan lain-lain) untuk membantu memulihkan kerusakan akibat radikal bebas dalan tubuh.

Baca juga : Wow! Ini 6 Manfaat Buah Kiwi yang Harus Anda Ketahui

- Sangat baik untuk pencernaan karena mengandung actinidin, suatu enzim unik yang membantu menguraikan protein.

- Sumber potasium yang penting untuk setiap sel dalam tubuh.

- Fakta mengejutkan lainnya adalah bahwa buah kiwi ternyata juga merupakan sumber folat. Asam folat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan wanita hamil untuk perkembangan gen pada janin.

- Rendah kalori namun kaya akan nutrisi penting – sangat bermanfaat untuk menjaga berat badan. Jadi buah kiwi sangat bagus untuk Anda yang tengah menjalani program diet atau sedang menjaga berat badan agar tetap ideal.

- Glycemic Index (GI) yang rendah sehingga dapat menjaga gula darah – baik bagi penderita diabetes.

- Membantu meningkatan sistem kekebalan tubuh.


Ternyata sangat banyak ya manfaat dan fakta mengejutkan tentang buah kiwi. Jadi mulai sekarang jangan ragu untuk mengonsumsi buah kiwi ya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »